POSBINDU DESA BOJONG GELAR SOSIALISASI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM)

21 Juni 2019
Administrator
Dibaca 22.564 Kali

Pemdes Bojong, Posbindu  Lansia merupakan pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan terhadap Lansia. Pelaksana kegiatan adalah masyarakat yang telah dilatih menjadi kader kesehatan setempat di bawah bimbingan Puskesmas. Sedangkan pengelola Posbindu  Lansia, adalah pengurus yang dibentuk oleh Pemerintah Desa yang berasal dari kader PKK, tokoh masyarakat formal dan informal serta kader kesehatan yang ada di wilayah tersebut.

Kamis  ( 20/06/2019 ) Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) Lansia  Desa Bojong kembali  digelar di Aula Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan kesehatan mengenai “Cara Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular” yang disampaikan oleh petugas dari Puskesmas Kramatmulya,   mengingatkan kepada para lansia untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan mereka secara rutin agar menghindari keterlambatan penanganan pada penyakit.

Setelah selesai penyuluhan, dilanjutkan dengan penimbangan berat badan, pemeriksaan tensi darah dan pemeriksaan gula darah. Ketua Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) lansia  Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya, Ibu Een Suhartini  menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga dan memantau kesehatan lansia. Para lansia juga terlihat cukup antusias, mengikuti kegiatan pengecekan kesehatan yang rutin diadakan sebulan sekali. Tercatat ada 112 orang lansia yang hadir.

“Tujuanya untuk pengecekan kesehatan lansia dan pra lansia, supaya lansia selalu sehat, “ ucap Ibu Een.

Salah seorang warga menuturkan, datang ke Posbindu untuk kontrol kesehatan dan mengecek kadar gula darahnya. Warga tersebut  juga mengapresisasi kegiatan yang dilakukan oleh tenaga medis dan kader posbindu.

Di lokasi yang sama, petugas medis dari Puskesmas Kramatmulya, Ibu Eka Fariha dan sekaligus Bidan Desa mengungkapkan, rata – rata para lansia yang melakukan pengecekan di Posbindu memiliki penyakit hipertensi , penyakit gula, kolesterol dan asam urat. Dia menghimbau, agar para lansia rajin ke posbindu untuk mengecek kondisi kesehatan.