BIMBINGAN TEKNIS PENDATAAN SDGs DESA

27 April 2021
Administrator
Dibaca 26.537 Kali
BIMBINGAN TEKNIS PENDATAAN SDGs DESA

Pemdes Bojong, Pada hari Sabtu(24/04) telah melaksanakan Bimbingan Teknis Relawan Pendataan SDGs (Sustainable Development Goals/Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) Desa. Bimtek dilakukan di ruang rapat Kantor Desa Bojong dengan menerapkan protokol kesehatan pencagahan penyebaran Covid-19. Hadir dalam bimtek ini adalah Kepala Desa Bojong, Pendamping Desa, serta Relawan Pendataan SDGs Desa yang telah ditetapkan dalam Keputusan Desa Bojong tentang Kelompok Kerja Relawam Pendataan SDGs Desa Bojong.

Bimtek diawali oleh sambutan Kepala Desa Bojong, Adnan, menyampaikan terimakasih kepada relawan yang telah hadir, karena sukses tidaknya pendataan ditentukan oleh bimtek yang diperoleh sebagai bekal relawan dalam melakukan pendataan. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tersebut akan memberikan gambaran riil terkait kondisi desa dan masyarakat desa.

Tak tanggung-tanggung, pemutakhiran data desa akan dilakukan secara by name by address. Sumber dana dari program ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2021. Masing-masing relawan akan dibekali oleh alat kerja berupa kuisioner pendataan serta Alat Perlindungan Diri selama bertugas.

Sebagai mitra, terdapat Pendamping Desa, Babhinkamtibmas, dan Babinsa yang akan bersinergi dengan relawan dalam bertugas. Secara umum, Pokja Relawan pendataan SDGs Desa bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pada level Desa, level Rukun Tetangga, level keluarga, dan level Individu. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis sesuai kaidah SDGs Desa, kemudian merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa.

Acara dilanjutkan dengan bimtek yang diisi oleh Indra Palindra selaku Pendamping Desa. Relawan dibekali oleh Aplikasi SDGs Desa yang dapat diakses menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya peserta bimtek diajarkan cara mengoperasikan aplikasi tersebut melalui smartphone didampingi langsung oleh Pendamping Desa.

Adapun poin yang didata dalam aplikasi tersebut berupa survey individu, survey keluarga, survey Rukun Tetangga yang diinput oleh relawan pendataan SDGs. Sedangkan Admin SDGs bertugas mengelola dashboard aplikasi SDGs Desa, memantau data dari relawan, serta melakukan survey desa.

Pendataan SDGs Desa merupakan program baru Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa. Hasil pendataan akan memuat potensi dan kelemahan di masing-masing pedesaan, sehingga dalam melakukan perencanaan desa berbasis data dapat mempertimbangkan kekurangan, potensi, serta kemajuan padukuhan sehingga pembangunan Desa dapat merata.