Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Bojong Tahun 2019

19 Juli 2019
Administrator
Dibaca 23.203 Kali

Untuk meningkatkan pemahaman tentang pemerintahan Desa, Pemerintah Desa Bojong mengadakan Pembinaan dan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa di Aula Kantor Desa Bojong Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan dari pukul 09:00 – 14.00 WIB.

Kegiatan tersebut secara langsung dibuka oleh Ibu Dian Fenti Asmara, S.AP selaku Camat Kramatmulya dan dihadiri oleh petugas kecamatan selaku pelaksana teknis yang akan membina masing-masing Kasi dan Kaur pemerintah Desa.

Dalam sambutannya, Camat Kramatmulya menyatakan dengan semakin meningkatnya nilai dana desa yang diterima sangat diperlukan pengelolaannya lebih baik. Sehingga dalam penggunaan dana desa benar–benar harus sesuai dengan maksud dan tujuannya. Sebab pengelolaan yang baik sangat bergantung kepada kapasitas dari pemerintah dan aparatur desa. Sejauh ini, Ibu Dian Fenti Asmara menilai para perangkat pemerintahan desa hingga para kepala urusannya belum sepenuhnya memahami tugas pokok dan fungsinya. "Dalam pelaksanaan tugas pemerintahan desa tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala desa, namun harus ada pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas. Jadi masing-masing orang atau masing-masing urusan mempunyai tugas dan tanggung jawabnya. Harus saling ada kerjasama yang baik," terang Ibu Dian.

Sementara itu, Bapak Ikin Asikin selaku Kasi Pemerintah Kecamatan Kramatmulya menjelaskan bahwa Sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 69 Ayat (12) dan Permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan Desa, Pasal 27 Ayat (2) menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan Peraturan Desa, Kepala Desa menetapkan Peraturan Kepala Desa sabagai aturan pelaksanaannya. Perkades tentang penjabaran APBDes menjadi aturan Pelaksanaan Perdes tentang APBDes. Pengaturan terkait Perkades tentang Penjabaran APBDes mengacu pada sistem Pengelolaan Keuangan Daerah, yang memberikan ruang untuk perubahan yang dibutuhkan segera, dan menjawab pertanyaan. Jelasnya

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 18 Juli 2019 bertempat di Kantor Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya dengan mengundang para Narasumber yang memiliki Kompetensi dalam bidangnya.