Camat Kramatmulya tinjau Kegiatan PISEW 2023

07 Juli 2023
Administrator
Dibaca 1.587 Kali
Camat Kramatmulya tinjau Kegiatan PISEW 2023

PISEW merupakan program yang dilaksanakan untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan, serta meningkatkan kualitas permukiman perdesaan. Pembangunan infrastruktur kerakyatan  dengan skema PKT salah satunya dilaksanakan melalui Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

Sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi Kecamatan yaitu melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan PISEW. Camat Kramatmulya, Mithareja, AP., M.Si. bererta jajaranya melaksanakan pemantauan pekerjaan PISEW di dua desa yakni Desa Bojong dan Desa Gereba Kecamatan Kramatmulya.

“Kita disini memonitoring pekerjaan pembangunan infrastruktur program PISEW, kegiatan ada yang pengcoran jalan serta ada pembuatan gorong-gorong. Diharapkan pembangunan ini tepat sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat untuk peningkatan sektor perekonomian. Disampaikan terima kasih pula kepada Bupati Kuningan, H. ACEP PURNAMA, SH., MH yang turut membantu terealisasinya program ini di Kabupaten Kuningan khususnya di Kecamatan Kramatmulya" Ujar Camat.

Pada umumnya infrastruktur yang dibangun melalui dana PISEW adalah jalan produksi sebagai infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri, serta sebagai prasarana pendukung pemasaran komoditas dengan memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan dan perikanan. Pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh masyarakat desa setempat tidak menggunakan kontraktor.