Camat Kramatmulya Lakukan Pembinaan Aparatur Desa Sekaligus Monitoring Pembagian BLT Dana Desa di Desa Bojong

13 Juni 2024
Administrator
Dibaca 67 Kali
Camat Kramatmulya Lakukan Pembinaan Aparatur Desa Sekaligus Monitoring Pembagian BLT Dana Desa di Desa Bojong

Camat Kramatmulya MINTHAREJA, AP., M.Si.beserta jajaran melaksanakan kegiatan Pembinaan tingkat desa di Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya, sekaligus memonitoring  program pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2024.

Pembinaan aparatur pemerintah desa merupakan agenda rutin yang diselenggarakan tiap semster.
Kegiatan dibuka langsung oleh Camat Kramatmulya Kabupaten Kuningan MINTHAREJA, AP., M.Si.

Camat Kramatmulya dalam sambutannya mengatakan bahwa perangkat desa merupakan ujung tombak dari pemerintah pusat dan daerah dalam hal pembangunan dan pelayanan. Maka dari itu perangkat desa harus memiliki kompetensi dan kapasitas yang mumpuni. ‘’Aparatur desa harus memiliki kompetensi dan kapasitas yang mumpuni. Harus profesional dan segala bisa. Terutama di bidang pembangunan dan pelayanan.” katanya.

Selain itu, Camat Kramatmulya juga menekankan kepada seluruh Aparatur Desa agar selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Taati dan jalani semua ketentuan yang berlaku. Administrasi adalah aspek yang penting yang merupakan salah satu upaya pencatatan dalam segala kegiatan-kegiatan yang sudah dianggarkan dalam rencana kerja." ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Kramatmulya menyoroti kedisiplinan dan kinerja Perangkat Desa. untuk permasalahan stunting, alhamdulillah Kecamatan Kramatmulya sudah mulai menurun.

Setelah melaksanakan pembinaan, Camat Kramatmulya memonitoring langsung pembagianBLT Dana Desa.

Program ini bertujuan untuk membantu keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak ekonomi. Menurut Kepala Desa Bojong Adnan, program BLT Dana Desa tahun 2024 ini ditujukan untuk 24 KPM. Setiap KPM menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan. “Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga penerima manfaat di Desa Bojong" ujarnya.

Pembagian BLT DD ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Desa untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak oleh situasi ekonomi yang sulit. Dana untuk BLT ini bersumber dari Anggaran Dana Desa, yang telah dianggarkan secara transparan dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Red.Pemdes)

Kepala Desa Bojong, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bersabar dan memahami proses pembagian bantuan ini. Beliau juga mengingatkan agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan bijak untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak.

Proses pembagian BLT DD dilakukan secara tertib dan aman, setiap penerima manfaat menerima bantuan dengan menunjukkan kartu identitas dan mencatat penerimaan mereka.

Dengan adanya kegiatan pembagian BLT DD ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Desa Bojong. Pemerintah Desa berkomitmen untuk terus berupaya memberikan dukungan kepada masyarakatnya dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan keberlanjutan pembangunan di tingkat Desa

Dalam kesempatan tersebut Camat Kramatmulya juga ikut memberikan himbauan agar Masyarakat yang menerima BLT (bantuan langsung tunai) dari dana Desa, agar kiranya dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.  (red.pemdes)