Babinsa Ruswanto Kawal Pendataan Program Indonesia Sehat - Pendekatan Keluarga

04 Juli 2019
Administrator
Dibaca 22.736 Kali

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga merupakan program yang diselenggarakan oleh KEMENKES RI untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, serta sadar akan pentingnya kesehatan. Program ini diharapkan juga mampu menyiasati permasalahan akses ke pelayanan kesehatan yang masih sulit dijangkau di beberapa tempat. Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia.
Sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Sasaran ini dari program ini yaitu: (1) meningkatnya status kesehatan dan gizi ibu dan anak, (2) meningkatnya pengendalian penyakit, (3) meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan, (4) meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan universal melalui Kartu Indonesia Sehat dan kualitas pengelolaan SJSN kesehatan, (5) terpenuhinya kebutuhan tenaga kesehatan, obat dan vaksin, serta (6) meningkatnya responsivitas sistem kesehatan.
Kamis (4/07/2019) Sertu Ruswanto selaku Babinsa Desa Bojong ikut berperan aktif mengawal Pendataan Program Indonesia Sehat (PIS) di Desa Bojong. Beliau bersama tim pendataan PIS dibawah arahan Ibu Een Suhartini terjun langsung ke masyarakat guna memantau jalannya pendataan.
"Program ini diharapkan dapat menyentuh seluruh elemen, terutama masyarakat miskin. Sehingga di Desa Bojong kesadaran masyarakat untuk gerakan pola hidup sehat bisa lebih meningkat. selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan sehingga dengan lingkungan yang bersih akan menjadikan hidup lebih sehat" ucap Sertu Ruswanto.
Kegiatan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga ini diselenggarakan oleh tim kesehatan Puskesmas Kramatmulya dengan melibatkan Kader PKK Desa Bojong. Rencananya pendataan ini akan berlangsung selama 5 hari.