9 Desa di Kecamatan Kramatmulya, Ikut PILKADES seretak 03 Nopember 2019

18 September 2019
Administrator
Dibaca 24.036 Kali

Pada 03 Nopember 2019 mendatang, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan di Kabupaten Kuningan. Di Kecamatan Kramatmulya sebanyak 9 desa ikut dalam perhelatan akbar tersebut.

Sebagai langkah awal pihak Kecamatan melaksanakan sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019 ke desa-desa di wilayah Kecamatan Kramatmulya yang akan melangsungkan PILKADES.

Di Desa Bojong, Kegiatan Sosilaisasi dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 17 September pukul 16.00 WIB. Kegiatan tersebut dalam rangka memberikan sosialisasi mengenai apa saja yang menjadi persyaratan dalam pencalonan Kepala Desa.
Hadiri dalam kegiatan tersebut, Camat Kramatmulya, Dian Fenti Asmara selaku narasumber, Sekmat Kramatmulya, Nana Supriyatna, Kapolsek Kramatmulya, DanRamil Kuningan, Kapt. Inf Ibnu Sahid, Babinsa, Sertu Ruswanto, Babinkamtibmas, Nanang dan Kepala Desa Bojong.


Camat Kramatmulya menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk memberikan kepastian, terkait tahapan dan ketentuan teknis lainnya, dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2019, kepada para pemangku kepentingan yang terlibat.


“Diharapkan dengan kegiatan ini, pemilihan kepala desa dapat terselenggara dengan lancar, aman dan kondusif.” tutur Ibu Dian.

Dalam arahannya Ibu Camat menyampaikan bahwa setiap masyarakat yang ingin mencalonkan sebagai kepala desa, harus memenuhi semua persyaratannya. Sehingga nanti tidak akan menjadi permasalahan dikemudian hari, yang bisa menjadi sengketa di antara para calon yang bertanding.

"Tahapan demi tahapan harus benar-benar dilalui dan jangan sampai terlewat. Apabila tidak runtut, justru malah merepotkan kepala desa terpilih. Selain itu juga dapat dianggap cacat dan rawan terhadap PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara).

“Yang tak kalah penting itu adalah regulasi. Peraturan desa, pembentukan panitia, dan lain-lain itu jangan sampai ditinggalkan. Sebab itu sebagai acuan,” ujarnya.

Camat juga mengingatkan bahwa pilkades lebih rawan dan lebih panas daripada pilkada, karena itu perlu adanya kedewasaan di antara para calon kepala desa. “Diharapkan pihak Kepolisian dan juga TNI ikut serta dalam mengamankan pilkades serentak ini.” pungkas Ibu Camat.

Kegiatan Sosialisasi tersebut diikuti oleh para Tokoh Masyarakat dan Lembaga Desa baik BPD, LPM dan Karang Taruna dan total peserta yang hadir sebanyak 53 orang.