SOSIALISASI PROGRAM SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (SANIMAS) TAHUN 2019 DI DESA BOJONG-KRAMATMULYA

08 Juli 2019
Administrator
Dibaca 22.922 Kali

"Fokus kegiatan Sanimas adalah penanganan air limbah rumah tangga melalui pelaksanaan sanitasi berbasis masyarakat. Artinya masyarakat memilih sendiri sarana dan prasarana air limbah pemukiman yang sesuai" jelas Ibu Evi Noviadewi selaku narasumber pada acara Sosialisai kegiatan Sanitasi Berbasis Maysrakat (SANIMAS).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Program SANIMAS sebelum proyek tersebut dikerjaan. Sosialisasi ini diisi oleh dinas PUPR Kabupaten Kunigan Sabtu (06/07/19) bertempat di Rumah Data Kampung KB Dusun Wage Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan.
Acara ini dihadiri oleh Satker Sanitasi dan Air Minum, Dinas Kesehatan, Aparat Pemerintah Desa Bojong serta masyarakat calon pengguna.

Adapun tujuan dari ini sosialisasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait manfaat program sanimas berbasis masyarakat yang didukung dana dari Islamic Development Bank IDB meningkatkan kesadaran masyarakat akan pola hidup bersih sehat dan menjaring minat masyarakat di desa dan kelurahan untuk menjadi penerima manfaat program sanimas IDB jelasnya.

Walaupun nantinya akan terletak di dusun Wage, namun IPAL komunal ini juga akan digunakan sebagian masyarakat dusun Puhun. Ka.Sie Ekbang Desa Bojong SALEH, menyambut baik kehadiran program Sanimas tersebut. Masyarakat diharap benar-benar mau memanfaatkan IPAL ini, untuk mengurangi pencemaran air sumur dari bakteri ekoli.
Sosialisasi ini direspon dengan baik oleh Warga Masyarakat Sekitar sebagai Penerima Manfaat dari Program SANIMAS.